Info Sekolah
Jumat, 27 Jan 2023
  • SMK NEGERI 1 LOBALAIN Jl. Baa - Busalangga, Dusun Tilonisi, Holoama, Kec. Lobalain, Kab. Rote-Ndao Prov. Nusa Tenggara Timur

KOMLI ATPH  SMKN 1 LOBALAIN  GELAR RAPAT PERSIAPAN PKL BERSAMA ORANG TUA PESERTA DIDIK KELAS XI.

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

bertempat di ruang kelas XI ATPH pada hari senin, 24 Oktober 2022 Kompetensi Keahlian ATPH  SMK negeri 1 Lobalain gelar rapat persiapan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Bersama orang tua peserta didik kelas XI. Rapat tersebut dihadiri oleh wakasek Humas yang mewakili kepala sekolah, Ketua Kompetensi Keahlian ATPH, Tim Guru Kompetensi Keahlian APH dan para orang tua/wali peserta didik kelas XI ATPH. Mewakili kepala SMK Negeri 1 Lobalaian, Wakasek Humas dalam arahan pada rapat bersama orang tua/wali peserta didik, mengatakan bahwa sesuai kurikulum SMK bahwa kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan  salah satu kegiatan wajib yang harus diikuti oleh peserta didik SMK sebelum mengakhiri seluruh kegiatan pembelajaran di SMK.

Kegaiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) sudah diatur dalam undang-undang, yakni dalam permendikbud nomor 50 tahun 2020 dan keputusan mendikbud Riset dan Teknologi nomor 56 tahun 2022 tentang penerapan kurikulum merdeka yang didalamnya mengatur tentang  Pelaksanaan PKL, dimana Praktek Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan selama 6 bulan. Pelaksanaan PKL bagi peserta didik SMK Negeri 1 Lobalain dalam mencapai waktu yang ditentukan maka pelaksanaannya melaui 3 tahap, yaitu tahap I satu bulan, tahap II dua bulan dan tahap III tiga bulan. Pelaksanaan PKL tahap I dan II bagi peserta didik kelas X dan XI, sedangkan PKL tahap III dilaksanakan bagi peserta didik kelas XII dengan waktu PKL selama 3 bulan.

Ketua Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura SMK Negeri 1 Lobalain ibu Juliana Tungga, SP mengatakan bahwa kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi peserta didik kelas XI ATPH dilaksanakan selama 2 bulan yakni terhitung mulai tanggal 25 Oktober sampai 17 Desember 2022, dengan tempat Praktik Kerja Lapangan bagi peserta didik kelas XI ATPH yakni di lahan Praktik kompetensi keahlian ATPH  SMK Negeri 1 Lobalain yang berlokasi di Holoama Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao. Lebih lanjut ibu Yul mengatakan bahwa bibit tanaman yang akan di budidayakan oleh peserta didik PKL kelas XI sudah disiapkan, yakni bibit tanaman Cabai kriting, cabai besar, dan tomat. Jenis-jenis tanaman tersebut akan dibudidayakan oleh peserta didik mulai dari persiapan lahan, penaman, pemeliharaan sampai panen dan pasca panen. Jam praktik bagi peserta pkl mengikuti jam sekolah. Untuk itu ibu Yul mengharapkan dukungan orang tua agar pelaksanaan PKL bagi peserta didik dapat berjalan dngan baik sesuai harapan.

semua orang tua/wali peserta didik yang hadir dalam rapat tersebut mendukung penuh kegiatan praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi anak-anak didik kelas XI Kompetensi Keahlian ATPH. Ibu Since Lonak salah satu orang tua/wali peserta didik menyampaikan dukungan penuh  kegiatan PKL bagi anak-anak sebagai pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi, dan harapanya bagi jurusan agar memperhatikan jam praktik bagi siswa agar  kegiatan praktik tidak sampai sore mengingat jarak dari tempat praktik ke rumah orang tua. Sementara bapak Melki Napu, salah satu orang tua/wali peserta didik juga mengatakan mendukung kegiatan PKL  bagi anak-anak, beliau berharap jam praktik baik dari jam mulai praktik sampai jam selesai praktik disampaikan kepada orang tua agar kami sebagai orang tua mengetahui dan mengontrol jam-jam belajar dalam praktik bagi anak-anak. Menanggapi usulan dan harapan orang tua ibu Yul Tungga selaku ketua Kompetensi Keahlian ATPH menjelaskan bahwa jadwal kegiatan praktik akan dibuat dan disampaikan kepada orang tua melalui peserta didik maupun akan kami sampaikan melaui Whatshap (WA) kelas, dengan jam praktik bagi peserta didik PKL mengikuti jam sekolah, dan kami sementara persiapan pakaian praktik/Wearpack bagi pesrta didik, sementara orang tua yang hadir mendukung penggadaan pakain praktik/wearpack bagi peserta didik kelas XI ATPH.

Sekilas Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura SMK Negeri 1 Lobalain

Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) SMK Negeri 1 Lobalain, merupakan salah satu kompetensi keahlian yang diusulkan/dipersiapkan sebagai Pusat Keunggulan (PK) dengan produk keunggulan adalah pupuk Bokasi. pupuk bokasi dibuat dari bahan-bahan antara lain pupuk kandang (kotoran sapi dan kotoran kambing) EM4, gula air, daun-daun tanaman (tanaman bunga putih). Dengan langkah-langkah pembuatan antara lain:

kotoran hewan dicampur dengan EM4, gula air yang sudah dilarutkan, daun-daun tanaman bunga putih yang dihancurkan, semua bahan tersebut dicampur sampai rata, kemudian ditutup rapat selama 14 hari untuk proses fermentasi/penguraian. Pupuk bokasi ini diperuntukan untuk memupuk tanaman yang dibudidayakan secara organic.

Jenis-jenis tanaman yang dibudiyakan oleh peserta didik kelas X, XI dan kelas XII antara lain, bayam (Amaranthus sp), ketimun (Cucumis sativus), cabe (Capsicum annuum var Grossum, bawang merah (Allium ascalonicum), terong (Solanum melongenae), ubi kayu (Manihot utilisima), Labu (Cucurbita moschata.L) kacang Panjang (Vigna sinensis), tomat (Solanum lycopersicum.L) dan naga (Hylocereus costaricensis) dan kangkung (Ipomoea aquatica.L). Jenis-jenis tanaman.

yang dibudidayakan diawali dengan persemaian benih, persiapan lahan, penanaman, pemeliharaan, panen dan penanganan pasca panen. Hasil panen dari berbagai jenis tanaman tersebut akan di jual langsung kepada bapak ibu guru SMKN 1 Lobalain.

Selaku kepala SMK Negeri 1 Lobalain menyampaikan terima kasih kepada seluruh orang tua wali peserta didik kjelas XI kompetensi keahlian ATPH yang mendukung pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini, kiranya melalui kegiatan PKL ini dapat bermanfaat bagi pengembangan kompetensi peserta didik.

SMK BISA, SMK HEBAT******(Humas SMKN 1 Lobalain)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar